Kuliah Subuh, 22 Ramadahn

Masjid Salman

Ust Zulkifli
Hikmah kisah nabi Nuh as, salah satu ulil azmi. 
Al quran bukan kitab sejarah, bukan kitab tarikh, melainkan kitab yang bisa diambil pelajaran darinya dan menata diri setelah mentadaburinya. 
Ada surat yang bernamakan beliau yaitu surat Nuh, urutan ke 71. Dalam riwayatnya, beberapa Sumber menyatakan beberapa nama asli dari Nabi Nuh as bo antaranya:

Abdul ghofar bin malik bin….. 

Nuh bin lamakh bin…..
Maka memang Nuh bukan merupakan nama asli, melainkan gelar. Ada 3 alasan kenapa disebut Nuh, salah satunya yaitu dari asal kata ‘Nuuhan’ yang artinya meratap atau menangis. Lamanya ia meratapi dirinya sendiri.
Beliau 950 tahun berdakwah, jika kaumnya kufur beliau menangis dan meratapi mereka. Nabi Nuh merupakan generasi di antara 2 Nabi. 10 keturunan dari Nabi Adam dan 10 keturunan menuju Nabi Ibrahim. 1 generasi terhitung sekitar 100 tahun.
Ibu Nuh bernama Hawa’un. Mempunyai 2 istri yang pertama beriman pada Allah bernama Al Khobash, dan satu lagi kufur bernama Wailah/Waikah. Mempunyai 4 anak, yang kufur hanya satu bernama Kan An, yang lainnya beriman pada Allah bernama Aam, Ham, dan Yafidz.
Turun generasi besar dari Sam, melahirkan keturunan Arab. Dari Ham melahirkan keturunan Sudan, dan dari Yafidz melahirkan keturunan Turki.
Menurut Imam Ashowi jilid ke 2 hal. 268. Kaum Nabi Nuh adalah kaum yg pertama kali mendapat azab dari Allah.
Al araf 59

Nabi Nuh mengajak kaumnya untuk beriman pada Allah. Berkata juga bahwa ia hanya penyampai dan utusan Allah.
Hanya 13 orang selama 950 Nabi Nuh berdakwah, 3 anaknya, 3menantunya, 6 org dr kaumnya. Ada juga yang berkata hanya 80 laki laki dan keluarganya + 3 anak menantu dan istrinya.
Al araf 60

Nabi Nuh dianggap sesat, karena dulu trend berhala dan maksiat.
Hikmah untuk kisah Nabi Nuh as adalah, seberapa kuat seorang muslim mempertahankan agama, mempertahankan dakwah. Karena bahwasannya dakwah bukan tugas seorang dai, tapi tugas tiap-tiap muslim sejak dia bersyahadat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s