Ramadhan, Day 1

Dr. Ir. Syarif Hidayat, ketua YPM Salman

Masjid Salman
InsyaAllah selain bakal share kajian waktu dhuha, dzuhur, ashar, bakal share kajian tarawih juga. Semoga bisa terus sholat di masjid. Aamiin. 

Kali ini diawali cerita tentang diciptakannya Nabi Adam. Salah satu point dari cerita Nabi Adam melanggar perintah Allah adalah esensi dasar kemerdekaan. Bahwa manusia ingin selalu bereksplorasi dengan rasa ingin tahunya. Cerita turunnya Nabi Adam mengajarkan 2 hal:

1. Adam diciptakan di surga, bukan di dunia. Agar adam mempunyai sifat mengembara. Siapa yg berhijrah, mengembara, Allah atur rizkinya. Mulainya taun hijriyah pun diawali bukan karena kelahiran nabi atau apapu , tapi diawali dengan memperingati peristiwa berpindah / hijrah.

2. Iblis akan menyeret semua manusia ke neraka. Kecuali mereka yg mukhlis, yg ikhlas. Banyak cara yang mereka lakukan untuk menggoda manusia, namun hanya satu esensi dari semua godaan syetan, yaitu memubazirkan resources atau sumber daya. Waktu, kesehatan, harta benda, ilmu.

Menurut Al quran musuh kita ada 2:

1. Syetan, musuh yg nyata.

2. Kemungkaran

Menurut Al-quran saudara kita hanyalah satu, mereka yg membaca syahadat. Perbedaan pendapat, pilihan dll tidak lah masalah. Jgn sampai menjauhi musuh dengan mendekati musuh baru.

Fastabikhul khoyrot, hanya itu perintah Allah terhadap kita sesama saudara muslim.
Agama itu petunjuk, rambu, bukan perhiasan. Petunjuk itu diikuti selamat, tidak diikuti tidak selamat. Kalau perhiasan dipakai indah, tidak dipakai tidak masalah. Dan syariah adalah sebagai SOPnya. 

Ibarat pesawat, untuk menuju tingkat penerbangan paling tinggi dan paling jauh, kita harus upgrade kebutuhan dan ujian secara lebih baik. Service iman seminggu sekali di hari jumat, setahun sekali turun mesin di bulan Ramadhan. Semakin jauh jarak tempuhnya, semakin banyak kebutuhan yang harus kita perhatikan untuk mendukung kuatnya mesin pesawat tersebut. Begitu juga dengan iman. 

Syetan di Bulan Ramadhan dibelenggu? Bukan begitu. Syetan itu tetap menjalankan tugasnya, namun mereka tidak kuasa menggoda dan merasa terbelenggu, terhadap mereka yg ikhlas dan menyerahkan segala dirinya beribadah kepada Allah. Melantunkan tilawah quran dengan suara yg lantang, bibir yang basah dengan dzikir, syetan males godainnya. 

Bismillah,kalau kembali lagi ke awal dari semuanya, tujuan kita diciptakan adalah sebagai khoyrul ummah, dan hanya untuk beribadah kepada Allah. 

Ya Rabb, mampukan kami untuk beribadah secara maksimal di Bulan Ramadhan ini agar menjadi suatu kebiasaan di Bulan berikutnya. Aamiin. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s