Oleh-oleh dari Negeri Syam

Al-Murabbi 20.12.16 ba’da Maghrib

Murabbians

Ustadz Yusuf Burhanudin Lc

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Hari ini banyak membahas soal negeri yang di mana malaikat membentangkan sayapnya, negeri yang penuh keberkahan dan negeri yang di mana Islam akan kembali pada kemenangan. Negeri Syam namanya. Aku gak mau bahas soal ini karena ngetiknya aja aku tak mampu. Banyak banget bahas soal Syam, Aleppo, Suriah, Palestin, Rohingnya dan negeri lain yang sedang ditimpa ujian keserakahan kafir. jangankan dengar cerita soal negara-negara ini, kalau ustadznya bacain do’a untuk mereka dan bahkan bacain qunut nazilah, rasanya selalu gagal buat aku menampung air mata. Semoga gak dosa Ya Allah, nangis di saat sholat berjamaah 😦 mungkin karena ada track record yang sedih-sedih soal ini, atau kalianpun merasakan hal yang sama?

Ustadz Yusuf nyampein materi soal berita yang menyebar di sekitar kita, apakah hoax atau fakta kita harus caritahu dan kaji dulu sebelum percaya dan share ke grup ini dan itu.

Kita lihat surat Al-Hujarat : 6

Allah berfirman “Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu sesali perbuatan itu.

Note to myself: jangan suka share berita yang tidak manfaat, lucu lucu atau bercanda boleh tapi jangan sering-sering ya sepertinya. Soal berita dan media social, pasti erat kaitannya dengan gadget. Percaya atau tidak, gadget menjauhkan diri dari interaksi dengan siapapun yang berada di dekat kita, termasuk Allah. Allah betul-betul menanti pendekatan kita. Bagaimanakah caranya dekat dengan Allah?

  1. Jaga jarak dengan keluarga dan temanmu, karena Allah menantikan kesendirianmu.

Waktu sholat seharusnya menjadi pengingat kita untuk berjarak dengan siapapun yang berada di sekitar dan waktunya menyapa Allah.

  1. Jaga jarak dengan TV & gadget, karena Al-Qur’an menanti untuk dibaca.

Biar rasanya tadarus itu bikin ngantuk, sesungguhnya syetan sedang menggoda. Hajar aja bray! Lama-lama juga gak ngantuk karena itu cuma godaan syetan! Dan kebaikan dalam membaca 1 huruf dalam Al-Qur’an adalah 10 kebaikan bagi si pembaca. Masya Allah, kalau satu ayat kit abaca dan jumlahnya ada 10 huruf, 100 kebaikan untuk kita.

  1. Jaga jarak dengan rumah, karena masjid menanti I’tikafmu.

Catatan tambahan untuk waktu mustajab untuk berdo’a adalah di antara 2 adzan. Ada baiknya setelah selesai sholat kita banyak berdoa dulu sebelum lanjutin nonton sinetron atau kepo kepo orang di instagram 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s